artikel tawuran


Nyawa melayang sia-sia  akibat tawuran



PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Indonesia adalah Negara yang berbhineka atau beragam , tak heran jika terjadi gesekan-gesekan yang terjadi . gesekan-gesekan itu salahsatu wujudnya adalah Tawuran.
Tawuran sudah sering terjadi, terutama dikalangan anak-anak remaja. Tawuran ini mengakibatkan banyak kerugian,diantaranya kematian atau melayangnya nyawa orang-orang yang sia-sia. Sangat disayangkan jika nyawa kita terbuang sia-sia , padahal masih banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk negeri ini, padahal masih banyak cara kita untuk berkontribusi untuk memajukan Negara kita tercinta, yaitu Negara keastuan Republik Indonesia ini.
Kita harus mengembangkan pola piker  positive thingking ,toleransi ,dan focus untuk memajukan nergeri ini bukan malah kebalikannya, yang akan merugikan Negara maupun diri kita sendiri.

B.     Pengertian tawuran
Tawuran adalah perkelahian massal atau perkelahian yang dilakukan beramai-ramai dengan senjata tertentu. Tawuran biasanya terjadi di kalangan anak remaja yang masih labl tingkat emosionalnya. Tawuran merupakan salahsatu bentuk kenakalan remaja , yaitu kecenderungan remaja untuk melakukan tindakan yang melanggar aturan.

ISI
A.    Contoh tawuran menghilangkan nyawa yang sia-sia

Siswa sman 46  tewas setelah tawuran di Gandaria. Indra Fajaruddin (17) dilaporkan tewas setelah menjadi korban dalam aksi tawuran di Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (27/10/2017).  Indra tewas karena terkena bacokan benda tajam di punggungnya  (ucap HA ,teman indra).


B.     Faktor-faktor penyebab tawuran :
1.      Ingin membalaskan rasa sakit hati terhadap orang yang melecehkan
2.      Rendahnya rasa toleransi
3.      Perbedaan persepsi
4.      Pergaulan bebas



C.     Cara mengatasi tawuran
1.      Meningkatkan rasa toleransi antar sesama
2.      Mengendalikan diri dan emosi
3.      Pembatasan pergaulan
4.      Menghargai dan menghormati setiap perbedaan persepsi

D.     Akibat tawuran
  Akibat dari tawuran yaitu menimbulkan hukuman dari sekolah apabila pelaku tawuran tersebut adalah seorang pelajar. merusak fasilitas umum , menimbulkan korban jiwa , menyebabkan nyawa melayang secara sia-sia.
E.      Menghindari Tawuran
cara menghindari tawuran tentu saja kita jangan mudah terprovokasi oleh ajakan teman, atau oleh hal-hal sepele. untamakan prinsip cinta damai dalam menjalani kehidupan ini.




PENUTUP


A.     Kesimpulan
Kesimpulannya tawuran itu merugikan , bahkan mengakibatkan menghilangnya nyawa secara sia-sia . padahal masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memajukan negeri ini.

B.     saran
Jadi, kita itu harus senantiasa bertoleransi antar sesama , positive thingking,  mengarahkan , dan mengendalikan diri kita kearah yang benar, kearah yang menguntungkan bagi diri sendiri , terutama bagi Negara keastuan republic Indonesia tercinta ini. Sekaligus kita harus menghindari yang namanya tawuran karena sejatinya tawuran itu merugikan diri sendiri maupun Negara kita tercinta ini.






Daftar pustaka :






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi buku bimbingan praktis menghafal al-qur'an

artikel "ikan sarden tak hanya lezat , tetapi juga mengandung seribu manfaat